Bincang Buku: Trust Harga Sebuah Kepercayaan

11.22.00


Judul Buku    : Trust Harga Sebuah Kepercayaan
Pengarang    : Charles Epping
Penerbit    : Serambi
Halaman        : 536 halaman
Harga        : Rp. 36.000


Trust adalah sebuah novel bergenre thriller tentang seorang konsultan TI berkebangsaan Amerika di Helvetia Bank Zurich bernama Alex Payton yang menemukan sebuah kode unik dalam database rekening di bank tersebut. Kode yang belakangan diketahui sebagai sebuah nomer rekening perwalian tersebut menyeret Alex bertualang ke pelbagai negara dan Amerika untuk mencari siapa sebenarnya pemilik rekening bernilai nyaris setengah miliar dollar tersebut sekaligus menguak misteri yang menyelimuti rekenin tersebut.

Buku ini diawali dengan kisah Aladar Kohen yang akan menempuh perjalanan dari Hongaria menuju Swiss melewati Austria. Ini bukanlah perjalanan yang menyenangkan, karena Austria saat itu sudah dianeksasi oleh Nazi yang sedang berusaha untuk membangkitkan kembali Reich Jerman yang telah berusia ratusan tahun. Bagi seorang Yahudi tulen seperti Aladar, keluar dari Hongaria melalui Austri tentu bukan perkara mudah. Negara yang menjadi tujuan Aladar adalah Swiss. Di negeri itulah Aladar kemudian bertemu dengan seorang bankir di Helvetia Bank Zurich (HBZ) bernama Rudolph Tobler untuk membicarakan sebuah perjanjian antara mereka berdua untuk menyelamatkan harta keluarga Aladar. Aladar perlu melakukan hal ini agar harta mereka tidak disita oleh pihak Nazi.

Pada prolog buku ini kita akan diperkenalkan dengan yang namanya Treuhand Konten, rekening perwalian. Rekening perwalian adalah sebuah rekening yang dibuat atas nama orang lain (biasa atas nama bankir) yang bertujuan untuk menyembunyikan pemilik asli dari harta tersebut. Dengan semakin kuatnya tekanan Nazi terhadap orang-orang Yahudi di beberapa negara Eropa, maka Treuhand Konten ini menjadi jalan keluar yang masuk akal untuk menyelamatkan harta benda orang-orang Yahudi itu.

Rekening perwalian ini memiliki sistem yang sangat sederhana. Seorang nasabah mempercayakan hartanya kepada seorang bankir dalam jangka waktu yang tidak ditentukan dan kepemilikannya dapat diwariskan oleh keturunan sang nasabah, tentunya dengan menunjukkan identitas dan juga bukti-bukti yang memadai. Di negara Swiss sendiri, penggelapan atas pajak bukan termasuk tindak pidana. Sistem kerahasiaan bank Swiss, sebagaimana tertuang dalam Swiss Financial Market Supervisory Authority (FINMA) yang dikodifikasi secara resmi sejak tahun 1934 tidak mengizinkan para bankirnya untuk mempublikasikan identitas sang pemilik rekening. Di dalam sistem yang sangat ketat itulah rekening perwalian ini berlokasi.

Waktu bergulir. Seusai Perang Dunia dan juga histeria Nazi, dunia pun memasuki era modern termasuk dunia perbankan. Sejak diterbitkannya The Bank Secrecy Act of 1970, sistem kerahasiaan bank Swiss pun ikut terkoreksi. Hal inilah yang nanti akan ditemui oleh Alex Payton dan Rudolph Tobler Jr., putra tunggal Rudolph Tobler Sr., yang keduanya bertemu dengan cara yang cukup unik.

Kembali ke cerita.

Petualangan Alex dan Ruedi, panggilan Rudolph, serta beberapa teman Eropa dan Amerika Latinnya, untuk mencari pemilik sebenarnya dari rekening, yang belakangan diketahui, bernilai ratusan juta dolar tersebut membawa kita menyusuri negara-negara Eropa dan juga benua Amerika. Di buku ini kita akan disuguhi tentang seluk beluk dunia perbankan Swiss, eksotisme negara-negara Eropa dan kebudayaannya, petite histoire tentang Yahudi, sisi lain perang dunia, dunia komunikasi Hongaria, dan juga ketajaman indra penciuman sang penulis yang dituangkannya dalam sebuah narasi singkat padat. Mengenai keluasan dan kedalaman data tentang dunia perbankan di buku ini ternyata tidak mengherankan, karena penulisnya, Randy Charles Epping, adalah orang yang sudah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia perbankan internasional, termasuk Swiss, termasuk dua titel master yang digondolnya dari Université de Paris IV-Sorbonne dan Yale University. Universitas yang disebut belakangan tersebut juga menjadi almamater dari Alex Payton, tokoh utama dalam novel ini.

Oh iya, saya sedikit lupa untuk membeberkan ketegangan yang melanda saya selama membaca buku ini mulai dari halaman pertama sampai akhir. Narasinya berjalan cepat, walau kadang ada bagian yang bertele-tele, seperti saat pertemuan Alex dengan Zsuzsi Vilmos di Hongaria. Buku ini juga diterjemahkan dengan sangat baik oleh tim penerjemah Serambi, sebuah penerbit yang cukup bereputasi dalam dunia penerjemahan buku-buku asing. Ketegangan buku ini mencapai klimaksnya di sepertiga akhir cerita. Pertemuan Alex dengan sindikat pencucian uang di Brazil serta komplotannya di Swiss, yang ternyata berhubungan dengan rekening perwalian tersebut, telah membahayakan hidup Alex dan juga teman-temannya. Saya sendiri tidak akan menulis banyak tentang hal tersebut. Sisanya bisa Anda nikmati dalam buku setebal 536 halaman ini.

Selamat membaca.


Simpong, Juni 2011
Menjelang Jum’atan, jadinya singkat aja ya hehe ^^
Yang mau donlot ebooknya bisa kemari
http://www.4shared.com/file/yAY4YIKQ/Charles_Epping_-_Trust_Harga_S.htm
Author fakta.id

Wahid Nugroho

Ini adalah blog pribadi. Semua yang tertulis di dalam blog ini adalah pendapat dan sikap saya secara pribadi dan tidak terkait dengan sikap dari instansi tempat saya bekerja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 celoteh

Write celoteh
ks'ti
AUTHOR
25 Agustus 2011 09.47 delete

wah ni novel emang mantab. tentang rekening2 nganggur punya yahudi yg nggak diklaim ahli warisnya. novel ini bahkan dulu udah ta' baca sebelum beredar resmi hehehe...

Reply
avatar
Wahid Nugroho
AUTHOR
25 Agustus 2011 09.59 delete

saya sendiri awalnya males baca. cuman pas "terpaksa" dibaca, kok ya jadi keterusan hehe... keren emang buku ini :)

Reply
avatar