Akhirnya!

12.42.00
Akhirnya! Setelah lebih satu setengah tahun tinggal di Luwuk, saya berhasil berkeliling nyaris ke seluruh sudut kabupaten Banggai (sekedar info, Luwuk adalah ibukota kabupaten Banggai). Daerah yang dikenal sebagai kabupaten terluas di Sulawesi Tengah ini terdiri dari tigabelas kecamatan, yakni: Nuhon, Bunta, Pagimana, Bualemo, Balantak, Lamala, Masama, Luwuk Timur, Luwuk, Batui, Kintom, Toili, dan Toili Barat.

Bagi saya pribadi, apa yang sudah saya jalani ini bisa dikatakan sebuah torehan sejarah tersendiri. Karena, setidaknya sekali dalam seumur hidup saya yang baru menginjak angka duapuluhtiga ini, saya telah mengkhatamkan seluruh kecamatan di sebuah kabupaten tempat dinas pertama saya di KPP Luwuk, semenjak pertama kali datang ke daerah ini bulan Maret 2007 yang lalu. Alhamdulillah.

Oh iya, jadi cerita lengkapnya begini. Hari Ahad (17/8) kemarin saya dan ketiga teman saya (Candra, Jo, dan Santo) berangkat dari Luwuk menuju Bualemo melalui jalur Selatan. Itu berarti kami akan melewati lima kecamatan mulai dari Luwuk itu sendiri, kemudian Luwuk Timur, Masama, Lamala, dan Balantak, sampai akhirnya kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan hingga ke Bualemo.

Setelah menempuh jarak kurang lebih 210an kilometer, sampailah kami di Bualemo. Jarak dua ratus sepuluh kilometer itu jangan dibayangkan sebagai sebuah jalan yang lurus dan mulus, tapi jalan yang kami lewati benar-benar jalan kecamatan yang bergunung-gunung (Balantak adalah kecamatan yang disesaki dengan perbukitan) dan ’keriting’ (berlubang) di sana-sini. Cukup membuat motor Supra saya jadi sedikit kelabakan dengan trek yang dahsyat ini.

Ini dia reportase via fotonya.



Gambar 1. The Three Musketeer. Pas mau nyebrang ke Lamala



Gambar 2. Mau masuk ke Balantak neh ^^


Gambar 3. Habis dari Bualemo

Gambar 4. Di atas pegunungan Balantak



Gambar 5. Pelangi di atas langit Masama

Gambar 6. Wajah asli Indonesia ^^


Gambar 7. Peta perjalanannya (hiks). Kita mulai dari selatan ke utara (garis merah)

Gambar 8. He8x,,, sponsor dulu gitu ^^

Author fakta.id

Wahid Nugroho

Ini adalah blog pribadi. Semua yang tertulis di dalam blog ini adalah pendapat dan sikap saya secara pribadi dan tidak terkait dengan sikap dari instansi tempat saya bekerja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 celoteh

Write celoteh
LoLe
AUTHOR
4 Februari 2012 16.48 delete

jadi teringat masa masa kecil, waktu mandi laut...hhe
Trims sudah share gambar pemandangan balantak..

Reply
avatar
Wahid Nugroho
AUTHOR
7 Februari 2012 10.42 delete

hehe,, balantak emang indah ya.. sayang jauh banget. slam kenal ya :)

Reply
avatar
11 Mei 2012 08.49 delete

balantak memang indah

Reply
avatar
Wahid Nugroho
AUTHOR
21 Mei 2012 09.31 delete

yup, beautiful indeed :)

Reply
avatar