Buku Yang Kubaca Season 2011

09.12.00
Melanjutkan tradisi yang sudah saya buat (semoga tradisi ini tidak dibid’ahkan hehe), kali ini saya mau menengok kembali buku-buku yang sudah selesai saya baca di tahun 2011 ini.

Terhitung ada sekitar enam buah buku yang berhasil saya tamatkan (dengan susah payah). Enam buku itu terdiri dari tiga buku nonfiksi dan tiga buku fiksi. Cukup menurun bila dibandingkan dengan tahun 2010 yang lalu ketika saya, alhamdulillah, berhasil menamatkan empat belas buku. Tidak banyak, memang. Tapi jumlah itu sudah cukup “menyelamatkan” rencana saya agar tidak melewatkan setahun pun tanpa menamatkan sebuah buku.

Berikut buku-buku yang sudah saya tamatkan:

Fiksi
  1. The Historian by Elizabeth Kostova
  2. Ranah Tiga Warna by A. Fuadi
  3. Trust, Harga Sebuah Kepercayaan by Charles Epping

Non Fiksi
  1. The Man Who Loved Books Too Much by Allison Hoover Bartlett
  2. Growing Up Bin Laden by Jean Sasson, Najwa Ghaneem, Omar bin Laden
  3. Sang Penjegal Kisah Ibnu Saud Menguasai Arabia by Harold Courtenay Armstrong

Dari semua buku di atas, hanya buku Ranah Tiga Warna yang ditulis oleh penulis lokal, dan sisanya penulis luar. Sedangkan buku yang paling saya rekomendasikan, andai hanya dikasih satu kesempatan, maka buku The Historian-lah yang akan saya pilih sebagai Book Of The Year versi saya untuk tahun 2011 (reviewnya bisa dilihat di blog ini).

Semoga ada peningkatan di tahun 2012 mendatang. Amin. [wahidnugroho.com]


H2, Desember 2011
Author fakta.id

Wahid Nugroho

Ini adalah blog pribadi. Semua yang tertulis di dalam blog ini adalah pendapat dan sikap saya secara pribadi dan tidak terkait dengan sikap dari instansi tempat saya bekerja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »