Hanya obrolan yang lazim dibahas di pojokan serambi.








Thursday, August 11, 2011

20 Nasyid Favorit Saya

Daftar nasyid yang ada di bawah ini saya pilih berdasarkan selera-subjektif saya - kebanyakan nasyid-nasyid lama. Sebagiannya karena liriknya yang kuat, sebagian karena musikalitasnya yang enak, dan sebagian karena ada kenangan yang mengiringi lantunannya. Oh iya, urutan yang saya buat ini bukan berarti urutan secara hierarkis ya.

1.  Kesetiaan - Alginat
Nasyid ini adalah tentang seorang suami yang mensyukuri kehadiran istrinya yang setia dan selalu menghadirkan cinta dan kasih sayang dalam kehidupannya. Saat mendengar nasyid ini, saya jadi teringat dengan istri saya di rumah hehe...   

2.  Adik Remajaku - Raihan
Pertama kali saya mendengar nasyid ini saat saya masih kuliah. Liriknya sangat menyentuh dan jujur aja, saat mendengar nasyid ini saya jadi inget sama adek saya sendiri. Saya sendiri sangat menyukai literatur yang membahas dunia remaja. Kini, saat menikmati lantunan nasyid yang indah ini, saya berharap agar pesan yang terkandung di dalamnya bisa saya sampaikan kepada anak-anak saya ketika mereka beranjak remaja kelak.   

3.  Mahligai Cinta - Fayruz
No doubt! The most beautiful wed-nasyed ever!

4.  KAHJ - Tazakka
Dari semua nasyid Tazakka yang saya tahu, Karena Aku HambaMu Juga adalah nasyid terbaik yang paling saya suka. Liriknya bertutur tentang kepasrahan seorang hamba saat mengakui kesalahan dan dosanya, serta komitmennya untuk berubah ke arah yang lebih baik. Good job Tazakka!

5.  Latar Dunia Islam - Suara Persaudaraan
Ini pilihan yang sulit. Nyaris semua nasyid SP saya suka tanpa kecuali. Nasyid-nasyid SP memiliki keunikan tersendiri yang belum tertandingi oleh nasyider manapun di Indonesia. Gaya melanggamnya dan lirik yang dalam adalah keunggulannya.  Akhirnya, pilihan saya jatuh kepada nasyid Latar Dunia Islam ini. Nasyid ini mengingatkan saya pada Bojonggede Depok. Di tempat itu, sekitar tahun 2004 atau 2005, saya dan beberapa teman alumni SMA mengadakan acara daurah buat adek-adek rohis kami di SMA. Acara yang berlangsung dengan segala ke-acakadut-annya itu alhamdulillah terselenggara juga dengan baik hehe...

6.  Belum Kita Lupakan - Nowseeheart
Beautiful nasyid, beautiful lyric, beautiful music. All about this nasyid is about beauty. I love it.

7.  Nocturn - Azzam
Walaupun saya nggak ikut dalam proses perekamannya, dan liriknya serta aransemennya telah beberapa kali berganti, Nocturn bagi saya adalah nasyid terbaik yang pernah dibuat oleh Azzam. Good job, bro!

8.  Hidupmu Kan Berarti - Fatih
Hidupmu Kan Berarti adalah nasyid yang sangat menggugah. Dari sekian karya Fatih, nasyid inilah yang paling berkesan bagi saya. Liriknya sangat kuat dan mengena. Saat sendiri atau kala dalam perjalanan, saya cukup sering menyenandungkan nasyid ini.

9.  Hidayah - Gradasi
Gradasi saya kenal waktu saya masih SMA. Waktu itu saya dan kawan-kawan pernah ikut lomba nasyid di Gedung G Kampus STAN dan kalo nggak salah inget, ada Gradasi yang tampil waktu itu. Nasyid ini sendiri saya pilih karena mengingatkan saya sama Bandung. Sekitar tahun 2005 atau 2006, saat saya dan teman-teman Al Qossam ikut lomba nasyid di UPI Bandung, nasyid inilah yang menemani perjalanan pulang saya (pake walkman "jarahan" so pasti hehehe). What a memorable nasyid.

10. Sang Murabbi - Izzatul Islam
Membuat daftar nasyid favorit tentu nggak lengkap kalo nggak masukin Izzis. Tim nasyid, yang boleh dibilang, legendaris ini sudah menemani perjalanan hidup saya selama kurang lebih 10 tahun, mulai dari kelas 1 SMA hingga saat ini. Dan hari demi hari, Izis semakin menemukan kematangan bermusiknya. Dari semua karya-karyanya, nasyid inilah yang masuk dalam daftar nasyid favorit saya. Alasannya? Bagi saya, tak perlu ada alasan untuk tidak mencintai nasyid ini.   

11. Ramadhan Kembali - Justice Voice
Ramadhan Kembali selalu mengajak kenangan saya kembali ke masa-masa sekolah dulu. Nasyid ini juga selalu saya senandungkan bersama anak-anak Azzam saat kami tampil di mall atau pun acara-acara Ramadhan lain.

12. Bingkai Kehidupan - Shouhar
Saya pikir, Bingkai Kehidupan nyaris menjadi nasyid favorit bagi setiap orang yang mengenal tim nasyid ini.

13. Cinta Ilahi - Snada
Cerita tentang nasyid ini lumayan panjang. Singkatnya, waktu SMA dulu saya dan teman-teman pernah ikut lomba nasyid, dan nasyid inilah yang jadi nasyid wajibnya. Berhubung wawasan saya dan teman-teman dalam dunia per-nasyid-an masih terbatas, jadilah kami jumpalitan (tentu bukan dalam makna yang sebenarnya) buat nyari tau, nasyid seperti apa Cinta Ilahi itu hahaha... Alhamdulillah ketemu juga dengan bantuan seorang teman. Oh iya, hasil lombanya gimana? GT alias GATOT TOTAL :p

14. Kasihmu Amanahku - InTeam
Beautiful!

15. Apakah Benar Engkau Seorang Pejuang - Qathrunnada
Dengar saja sendiri, Anda pasti suka :)

16. Putiku Sayang - Hijjaz
Just love it!

17. Sepi Perantau - Brother
Perantau pertama kali saya dengar saat saya masih SMA. Dulu nasyid ini nggak terlalu berkesan buat saya, tapi pas saya udah pindah ke Luwuk, nasyid ini tiba-tiba saja menjadi sangat berkesan hehe... You know what i mean lah :p   

18. Ibu - Sakha
Sakha termasuk nasyid atau bukan ya? Kalo iya, maka lagu Ibu-nya yang masuk ke dalam daftar saya.

19. Suci Sekeping Hati - Saujana
Selain karena ini adalah cover version dari nasyid lamanya The Zikr, Suci Sekeping Hati membuat saya terkenang masa-masa siaran di IC Radio waktu kuliah dulu. Anda yang IC'ers pasti tau lah alesannya :)

20. Manusia - Shaffix
Great!
                   
Nah, kurang lebih seperti ini lah daftar 20 nasyid favorit saya. Bagaimana dengan Anda? [wahidnugroho.blogspot.com]


H2, Agustus 2011

Like the Post? Do share with your Friends.

5 comments:

isw_banna said...

list no. 1-7-8-9-10-12-20
sama suka dgn nasyid entu gan
entar ya list ane tunggu tanggal maennya

Wahid Nugroho said...

wih, ikut2 aja nih ente hehehe,,, oke ditunggu tanggal maennya juragan :D

Dyas M Zikry said...

wah cuma dua puluh? klo ane kayaknya banyak nih list nasyid favoritnya... tapi munsyid lokal sih, klo yang luar (malaysia) kurang suka... :) cintai produk lokal .. hehe..

Dyas M Zikry said...

waah, klo saya banyak banget nasyid favoritnya.. :) tapi yang lokal2 aa sih.. klo yang luar kurang suka (malaysia) secara denger nasyid dari TK .. hehe :p

Wahid Nugroho said...

wah, nasyid pertamax yg saya denger med in malaysiong jadi ya banyak juga suka malay nasyid :D

IconIconIconFollow Me on Pinterest