13 Jersey Parma Terbaik (1989-2014)

10.24.00
Daripada suntuk membahas prestasi klub ini yang sedang berada di titik nadir, setidaknya dalam beberapa giornata terakhir, tiba-tiba saja saya ingin membuat tulisan tentang jersey-jersey Parma dengan desain terbaik dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Klub yang bermarkas di region kota Parma, yang juga dikenal dengan produk keju Parmagiano-Reggiano (Parmesan) dan Parmaham-nya, ini memiliki perjalanan jersey yang cukup panjang dan berwarna-warni.

Dasar penilaian yang saya buat dalam tulisan-tulisan berikut ini sangat subjektif dan benar-benar bergantung pada selera saya pribadi yang bisa saja berbeda dengan selera teman-teman semua. Penyusunan yang saya buat berikut ini tidak menunjukkan urutan tingkat terbaik jersey yang dimaksud. Kenapa 13 jersey? Tidak ada alasan khusus. Saya memang menyengaja mengambil angka itu bukan karena saya terinspirasi sama si Freddy Krueger. Jadi angka 13 ini memang sekedar lintasan pikiran saja hehe.

Mari kita mulai.

1. HOME 1998-1999



Musim 1998-1999 bisa jadi adalah musim yang sangat memorable bagi sebagian besar Parma yang ada di dunia ini. Pada musim itu, Parma meraih dua gelar major seperti UEFA Cup dan Coppa Italia, dan bahkan berhasil merebut Super Coppa Italiana dari tangan AC Milan. Dan pada musim inilah, Parma mengalami transisi apparel dari Puma yang telah bertahan sejak musim 1995-1996 dan berpindah ke Lotto sebelum akhirnya jersey Parma diendorse oleh salah satu apparel asal Amerika Serikat, Champion, yang sebelumnya telah sangat identik dengan apparel klub-klub basket NBA. Jadi, bisa dibilang jersey ini adalah jersey transisi yang layak untuk dikoleksi. Lotto mengeluarkan beberapa versi jersey ini, di antaranya adalah: Home dengan motif garis-garis kuning biru; Away dengan motif dominan putih dan garis kuning biru berukuran kecil; dan Third yang berwarna biru dongker dengan garis kuning berukuran kecil.

2. THIRD 2010-2011



Jersey Parma berwarna abu-abu adalah kejutan yang cukup mencolok dari Errea.

3. AWAY 2012-2013



Jersey-jersey berdesain asimetris memang selalu menggoda. Jersey away 2012-2013 yang menggunakan template Errea Dundee ini menjadi salah satunya.

4. AWAY 2008-2009



Jersey yang dipakai saat Parma di Serie B paska terelegasi pada musim 2007-2008 ini adalah jersey asimetris lainnya yang menarik perhatian saya yang karenanya harus saya masukkan sebagai salah satu jersey Parma dengan desain terbaik dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

5. THIRD 2009-2010



Musim pertama Parma di Serie A setelah semusim terdegradasi ke seri B ini memakai template Errea Eyre. Dengan motif garis kuning biru vertikal yang simetris dan berkerah, jersey ini akan tampak semakin cantik dalam versi long sleeve.

6. HOME 1992-1993



Jersey-jersey yang dipakai pada momen spesial memang selalu memberikan kesan mendalam. Jersey yang dipakai saat final Piala Winners melawan wakil Belgia, Royal Antwerp, ini juga termasuk jersey dengan desain terbaik versi saya.

7. AWAY 1997-1998



Satu-satunya jersey Parma yang diappareli Puma yang masuk ke dalam daftar ini adalah jersey away 1997-1998. Secara pribadi, saya memang kurang tertarik dengan jersey-jersey Parma yang diappareli Puma dua musim belakangan.

8. HOME 1999-2000 EUROPE AND FINAL SUPER COPPA ITALIA VERSION



Champion memiliki desainer yang brilian saat mereka membuatkan jersey ini. Selain desainnya yang ciamik, keberadaan jersey ini pun sangat sulit ditemui di pasaran. Kalaupun ada, harganya biasa too good too be true.

9. AWAY 1999-2000



Dari semua jersey Parma dalam kurun waktu 25 tahun terakhir, jersey ini adalah jersey dengan desain terbaik. Sejak kali pertama rilis, saya bermimpi untuk bisa memiliki jersey berwarna dominan putih ini.

10. FOURTH 2014-2015



Jersey Parma berwarna hijau? Menarik untuk dilihat.

11. THIRD 2005-2006 ERREA VERSION



Saya belum pernah mendengar ada klub yang mengganti apparelnya di tengah-tengah musim seperti Parma. Ketika klub tengah berada dalam situasi sulit, pihak manajemen akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Champion yang telah membersamai mereka dalam enam tahun terakhir dan berpindah kembali ke produk lokal Italia yang berbasis di Torille, Errea. Jersey dengan bahan lycra yang bodyfit ini memiliki warna biru navy yang sangat gelap, sangat kontras dengan warna kuning yang membentuk motif cross di dada.

12. FOURTH 2006-2007



Musim ini bisa jadi adalah musim dengan jumlah model jersey terbanyak. Mulai dari jersey yang khusus dipakai di Seri A (Gimoka), Coppa Italia (sponsorless), maupun di UEFA Cup (Play Radio). Terhitung ada 5 model jersey yang dikenakan Parma pada musim ini: Home (Putih cross hitam), Away (kuning cross biru), Third (biru cross kuning), Fourth (hitam cross putih), dan Fifth (merah cross putih). Khusus jersey ke lima, jersey tersebut secara khusus hanya digunakan di 1 partai saja saat Parma bertandang ke Bentegodi, markas Hellas Verona.

13. THIRD 2007-2008



Black Gold! Jersey yang hanya dipakai dua kali sepanjang musim 2007-2008 ini adalah salah satu jersey favorit saya. Dengan warna dominan hitam dan cross emas, termasuk namesetnya yang juga berwarna emas, menjadi salah satu pesonanya tersendiri.

Demikian ketigabelas jersey Parma terbaik versi saya. Anda punya versi lain atau justru punya pendapat yang sama dengan saya? [wahidnugroho.com]

Kilongan, Oktober 2014 

Author fakta.id

Wahid Nugroho

Ini adalah blog pribadi. Semua yang tertulis di dalam blog ini adalah pendapat dan sikap saya secara pribadi dan tidak terkait dengan sikap dari instansi tempat saya bekerja.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »